Donderdag 09 Mei 2013

AGROFORESTRY


RINGKASAN



Hutan merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam tatanan lingkungan dibumi ini. Hutan memiliki banyak fungsi yang sangat penting dan berguna bagi keberlanjutan kehidupan manusia. Di Indonesia merupakan salah satu negara yang masih memiliki hutan cukup luas. Oleh karena itu, Indonesia sempat mendapatkan gelar sebagai ”Paru-paru dunia”. Selain hutan sebagai penghasil gas oksigen ( O2 ), hutan juga dapat mencegah timbulnya berbagaai macam bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, erosi, dan bahkan sebagai penahan gelombang laut yang besar. Selain itu, hutan juga sebagai
 Tempat tinggal bagi jutaan flora dan fauna.
Tetapi, sekarang ini disaat penduduk bumi semakin bertambah, kebutuhan pangan semakin meningkat, wilayah pertanian semakin menyempit, sehingga banyak masyarakat yang mengubah hutan menjadi wilayah pertanian. Salah satunya yang terjadi di Indonesia. Mereka tidak menyadari dampak yang akan terjadi jika hutan dibabat habis dan dijadikan lahan pertanian. Berbagai dampak akan terjadi seperti, kesuburan tanah menurun, bencana alam akan meningkat, banjir, longsor, kekeringan, erosi, kepunahan flora dan fauna, bahkan perubahan iklim yang sekarang ini telah melanda bumi tercinta kita ini.


BAB I PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Alih-guna lahan hutan menjadi lahan pertanian disadari menimbulkan banyak masalah seperti penurunan kesuburan tanah, erosi, kepunahan flora dan fauna, banjir, kekeringan dan bahkan perubahan lingkungan global. Masalah ini bertambah berat dari waktu ke waktu sejalan dengan meningkatnya luas areal hutan yang dialih-gunakan menjadi lahan usaha lain. Agroforestri adalah salah satu sistem pengelolaan lahan yang mungkin dapat ditawarkan untuk mengatasi masalah yang timbul akibat adanya alih-guna lahan tersebut di atas dan sekaligus juga untuk mengatasi masalah pangan.

Agroforestri, sebagai suatu cabang ilmu pengetahuan baru di bidang pertanian dan kehutanan, berupaya mengenali dan mengembangkan keberadaan system agroforestri yang telah dipraktekkan petani sejak dulu kala. Secara sederhana, agroforestri berarti menanam pepohonan di lahan pertanian, dan harus diingat bahwa petani atau masyarakat adalah elemen pokoknya (subyek). Dengan demikian kajian agroforestri tidak hanya terfokus pada masalah teknik dan biofisik saja tetapi juga masalah sosial, ekonomi dan budaya yang selalu berubah dari waktu ke waktu, sehingga agroforestri merupakan cabang ilmu yang dinamis.

TUJUAN DAN MANFAAT PENULISAN

TUJUAN


1.      Mengetahui pentingnya agroforestry untuk menanggulangi longsor dan banjir
2.      Mengetahui seberapa besar pengaruh kopi dapat menjadi faktor yang dapat mempercepat osteoporosis pada wanita

MANFAAT


1.      Menambah wawasan mengenai pengaruh konsumsi kopi ada osteoporosis wanita Post Menopause
2.      Memberikan informasi fundamental bahwa kopi dapat mempengaruhi osteoporosis khususnya pada wanita yang berdampak setelah menopause

 

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking