Manfaat Buah Nanas : ketika anda mendengar kata nanas, tentu anda langsung terbayang buah segar dengan kulit bersisik dan memiliki mahkota. Buah nanas memang sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Buah nanas banyak diperjual-belikan di pasar-pasar tradisional sampai pasar swalayang modern. Buah nanas buakanlah buah sejati, melainkan sekumpulan buah yang bergabung menjadi satu pada tongkol buah sehingga membentuk buah besar. Di Indonesia Propinsi Lampung merupakan penghasil nanas utama di Lampung juga terdapat pabrik pengolahan nanas.
Buah nanas sering diolah menjadi campuran untuk Es buah, Eskrim atau campuran untuk beberapa masakan. Rasa Asam dan Manis dari buah ini membuat buah ini sangat cocok bila dimakan dalam keadaan segar atau dijadikan petis. Buah nanas memiliki kandungan air tinggi sampai 90%. Selain itu buah nanas juga kaya akan Kalium, Kalsium, Lodium, Sulfur, Khlor, Asam, Biotin, Vitamin B12, Vitamin E, dan Enzim Bromelin. Buah nanas tersedia hampir sepanjang tahun, dengan ciri kulit buah kasar seperti sisik, bermahkota, berwarna Hijau ketika muda dan akan berwarna Kuning saat sudah matang membuat buah ini mudah diingat dan dikenali.
Khasiat Buah Nanas, Kegunaan Buah Nanas.
Manfaat Buah Nanas
Berikut Merupakan Manfaat Buah Nanas :
  1. Mengatasi Ketombe, 1/2 buah nanas matang dikupas, dicuci bersih kemudian diparut dan diperas untuk diambil airnya. Campurkan air perasan tersebut dengan air perasan satu jeruk nipis, aduk hingga rata. Gunakan air campuran tersebut untuk membasuh kulit kepala pada saat sebelum tidur kemudian keramas di keesokan panginya.
  2. Mengobati Perut Kembung, setiap sebelum makan minum jus nanas sebanyak 150 cc atau setengah gelas.
  3. Mengobati Radang Kulit, 1/2 buah nanas matang dikupas, dicuci bersih kemudian diparut sampai halus. Gunakan parutan buah nanas tersebut untuk membasuh bagian kulit yang meradang, lakukan sebelum tidur dan dicuci pada pagi harinya.
  4. Obat Radang Tenggorokan, buah nanas matang dikupas dan dicuci bersih kemudian diiris seperlunya. Blender buah tersebut lalu peras airnya, dan minium sehari tiga kali sama banyak.
  5. Menurunkan Berat Badan, buah nanas setengah matang dikupas dan dicuci bersih kemudian diblender. Peras airnya kemudian minum tanpa campuran apapun.
  6. Mengurangi Stress, sari buah nanas mengandung Serotin untuk mencegah kanker dan mengurangi stress. Jika dikonsumsi secara rutin selama beberapa minggu kandungan Vitamin C dalam buah nanas bisa mengurangi stress dan menurunkan kolesterol.
Dampak Negatif Mengkonsumsi Buah Nanas :
  1. Meningkatkan Kadar Gula Dalam Darah, buah nanas banyak mengandung gula sehingga tidak cocok untuk penderita diebetes.
  2. Menyebabkan Rematik, buah nanas akan berfermentasi didalam usus sehingga mengasilkan alkohol pemicu rematik.
  3. Berbahaya buat Kandungan, nanas muda bisa bersifat Aborvium atau menggurkan kandungan.
Demikian informasi mengenai Kandungan, Manfaat Dan Dampak Negatif dari Buah Nanas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kesehatan anda dan keluarga.